Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi

0 81

bisnis kedai kopi

drinkpreneur.com

Sudah sejak dulu kopi menjadi salah satu minuman populer dan banyak dicari berbagai kalangan. Awalnya kopi diidentikkan sebagai minuman orang dewasa. Namun seiring berjalannya waktu, dengan makin menjamurnya kedai kopi menjadikan minuman ini lebih familiar. Bahkan bisa dikatakan, kopi sudah menjadi minuman wajib ketika ngobrol maupun sekedar menikmati waktu santai disela-sela kesibukan. Maka tak heran jika saat ini bisnis kedai kopi kian diminati para pelaku usaha.

Menjadi bagian dari gaya hidup, kedai kopi kian marak di berbagai sudut kota dikarenakan semakin tingginya peminat kopi. Persaingan bisnis kedai kopi pun otomatis semakin ketat. Tiap kedai kopi berlomba-lomba menghadirkan kopi dengan ciri khas dan harga yang beragam, dengan banderol mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per gelasnya. Dari sini mulai jelas, bisnis kedai kopi menjadi salah satu usaha yang memang sangat menjanjikan. Bagi Kamu yang berminat terjun dalam bisnis kedai kopi, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis kedai kopi.

Konsep Bisnis Kedai Kopi

Selain mempersiapkan modal, langkah awal dalam berbisnis ialah menentukan konsep. Cari inspirasi dari internet atau kedai-kedai kopi yang telah lebih dulu berdiri. Konseplah kedai kopimu seunik dan semenarik mungkin demi menarik minat konsumen. Tentu masyarakat akan lebih antusias dengan sesuatu yang baru. Intinya dengan konsep jelas, bisnismu akan lebih terencana dan terarah.

Target Konsumen

Langkah berikutnya adalah menyesuaikan bisnis kedai kopi dengan target pasar. Pengaruh target pasar dan target konsumen sangat penting terhadap konsep bisnis dan modal awal yang dikeluarkan nanti. Pebisnis kedai kopi perlu memahami strategi yang tepat terhadap target konsumen dan pasar. Dengan menentukan lokasi bisnis yang akan dibangun, desain kedai kopi yang unik, menu, dll.

Mencari Supplier

Ketika membuka kedai kopi tentu memerlukan bahan baku seperti biji kopi, sirup, hingga susu yang tidak dibeli sembarangan. Maka dari itu kamu butuh supplier yang menyediakan bahan berkualitas serta dengan harga terjangkau. Ketika mencari beberapa supplier harus ada perbandingan kualitas bahan kopi dan harganya jika dibeli dalam jumlah besar. Tak lupa perkirakan juga biaya transportasi demi menekan modal operasional.

Lokasi Kedai Kopi Yang Tepat

Salah satu faktor kesuksesan bisnis kedai kopi adalah lokasi kedai yang strategis. Letak kedai kopi menentukan tingkat penjualan dan banyaknya konsumen yang datang. Dengan konsep yang penataan yang unik, bukan tidak mungkin walaupun kedai kopimu jauh dari keramaian tetap akan banyak didatangi konsumen. Terlebih lagi jika kedai kopi tersebut instagramable.

Siapkan Daftar Menu Andalan

Terakhir, Lakukan survei menu kopi yang telah banyak beredar dipasar. Setelah itu lakukan percobaan pembuatan kopi tersebut dengan sedikit berbeda sehingga dapat dijadikan menu andalan sebagai ciri khas dari kedai kopi yang akan. Tips mempersiapkan menu andalan yakni menyajikan menu yang jarang ditemui di kedai kopi lain, atau dengan memodifikasi dari resep kopi yang sudah ada. Pilihan menu andalan juga harus disesuaikan dengan target pasar dan sesuai dengan konsep kedai kopi itu sendiri agar terkesan unik.

Begitulah tips jitu untuk memulai bisnis kedai kopi. Dan satu lagi yang terpenting, jangan malas berinovasi. Supaya kedai kopimu tidak begitu-begitu saja dan tidak kehilangan pelangganmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave A Reply

Your email address will not be published.