iOS 13 Keunggulan OS Terbaru Milik Apple

0 607

iOS 13 telah di rilis oleh perusahaan Apple sebagai Operation System (OS) terbaru untuk iPhone dan iPod touch. Sejumlah keunggulan iOS 13 telah ditekankan oleh pihak Apple saat peluncuran perdananya di Worldwide Developers Conference (WWDC).

https://boygeniusreport.files.wordpress.com

Performa iOS 13

Senior VP of Software Engineering Apple, Craig Federighi, mengklaim bahwa salah satu keunggulan yang dimiliki oleh iOS 13 yaitu mampu melakukan peluncuran aplikasi pada perangkat Apple hingga dua kali lipat.

Seperti yang dilansir dari Tomsguide, bahwa dengan menggunakan iOS 13, para pengguna dapat membuka kunci gawai lebih cebat hingga 30%. Saat mendownload beberapa aplikasi juga mampu dilakukan dengan cepat. Penguduhan cepat karena Apple telah membuat ukuran aplikasi hingga% lebih kecil ukurannya. Pembaruan perangkat lunak menjadi 60% lebih kecil.

Baterai iOS 13

Dilansir dari CNN bahwa iOS 13 juga memiliki mode gelap atau Dark Mode yang digunakan sebagai penghemat baterai. Mode gelap juga membuat mata lebih nyaman pada saat melihat layar di tempat yang memiliki cahaya redup. iOS 13 jga mampu membuat aplikasi terlihat mewah dengan latar belakang yang gelap.

Pihak Apple juga mengatakan bahwa Dark Mode bisa dihidupkan secara otomatis ketika matahari mulai tenggelam. Selain itu Apple juga telah menyediakan fitur bagi para pengembang aplikasi supaya bisa membuat aplikasi dengan versi mode gelap.

Apple Maps

Apple menyatakan bahwa pihaknya telah membangun 6,4 juta km yang akan digunakan untuk mendesain ulang Apple Maps kembali dari awal. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat bersaing dengan Google Maps. Sehingga aplikasi yang dirilis sejak tahun 2012 ini akan mendapatkan tampilan baru yang lebih rinci.

Perubahan aplikasi tersebut akan mencakup jangkauan jalan yang lebih luas, data pejalan kaki yang lebih baik, alamat yang semakin akurat dan tutupan lahan yang lebih mendetail.

Perubahan yang tengah dilakukan oleh Apple diprediksi akan srampung pada akhir tahun 2019 di Amerika Serikat dan disebar luaskan ke berbagai negara lainnya pada 2020.

Selain itu, Apple Maps juga akan dibekali fitur Street View seperti yang saat ini terdapat pada Google Maps. Sehingga para pengguna dapat menikmati tampilan 3D dan dapat menjelajah maps secara virtual.

Privacy, Sign in with Apple

Fitur baru Sign in with Apple dapat membuat para penggunanya membuka aplikasi secara langsung tanpa harus menyambungkan aplikasi tersebut ke akun Google atau Facebook.

Para pengguna bisa langsung masuk ke aplikasi tanpa harus memberikan informasi pribadi apa pun. Jika aplikasi meminta nama dan alamat email pengguna, maka Apple akan membiarkan para penggunanya untuk membuat akun email secara acak dan bersifat anonim. Apabila ada email dari aplikasi yang masuk ke akun email acak itu, maka email tersebut langsung diteruskan ke email asli para pengguna.

Dari segi privasi, Apple tengah menggarap sistem keamanan yang membuat para penggunanya dapat mengontrol data-data yang telah diambil oleh pihak Apple atau pihak ketiga. Contohnya, pada saat aplikasi akan mengambil data lokasi pengguna, maka aplikasi tersebut akan meminta izin kepada penggunanya.

Photos

iOS 13 juga membekali kemudahan bagi para pengguna nyauntuk mengedit efek pencahayaan di aplikasi Photos. Saat ini para pengguna dapat dengan mudah untuk mengubah intensitas dan arah pencahayaan foto yang akan di edit. iOS 13 juga menambahkan banyak efek pada foto dan video.

Apple juga telah menghadirkan cara baru untuk menelusuri foto. Apple telah menghapus duplikat foto dengan kecerdasan buatan (AI). Pada fitur Photos telah disediakan tab hari, bulan dan tahun yang akan memudahkan para penggunanya saat hendak mencari foto.

Baca juga:    Xiaomi Redmi Note 7, Tawarkan Spek Fantastis di Harga Ekonomis

Messages & Memoji Stickers

Messages semakin terasa personal sebab para pengguna dapat membagikan nama dan gambar. Ada sejumlah pilihan baru yang tersedia di Animoji, termasuk opsi make up seperti eye shadow, kacamata dan kacamata hitam dan bahkan AirPods.

Stiker Memoji yang baru juga telah tersedia di iOS 13, yang mampu memberikan para penggunanya lebih banyak agar Memoji lebih personal. Memoji tersebut akan diintegrasikan langsung ke dalam keyboard emoji.

Sistem yang telah terintegrasi ini dapat membuat Memoji untuk digunakan di aplikasi lain selain aplikasi Pesan bawaan iOS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.