Baidu Gandeng Toyota dan Geely Bikin Mobil ‘Pintar’

0 879

Baidu, Perusahaan mesin Penacrian asal China menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Toyota Motor Corp dan Zhejiang Geely Holding Group dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatau (AI) terhadap kendaraan.

Baca Juga:

Kabar mengenai kolaborasi ketiga perusahaan besar tersebut dilakukan pada acara Baidu Create 2019, di Beijing, China, hari Senin (8/7). Acara tersebut dihadiri oleh Robin Li, CEO Baidu dan Li Shufu, Ketua Geely.

Kerja sama yang mereka lakukan tersebut memungkinkan Toyota dan Geely tergabung bersama mega proyek Apollo, bus tanpa driver yang berteknologi otonom atau bergerak sendiri tanpa supir yang merupakan hasil pengembangan Baidu dengan SB Drive, perusahaan hardware asal Jepang.

Perusahaan Baidu akan menyematkan teknologi AI pada bus Apollo untuk Toyota e-Palette. Selain itu, dikabarkan pula dari hasil kerja sama antara ketiha perusahaan tersebut akan banyak melhirkan sejumlah kendaraan otonom sebagai moda transportasi publik, seperti yang dilansir dari Reuters, hari Selasa (9/7).

Li Zhenyu, Wakil Presiden Baidu dikabarkan akan bertanggung jawab terhadap proyek besar ini. Ketiga perusahaan ini berjaji akan menghasilkan kendaraan yang diklaim ‘lebih pintar’ dibandingkan mobil otonom biasa.

Selai itu, Baidu dan Geely akan melakukan kerja sama dalam hal pengembangan sistem AI yang digunakan untuk Intelligent Connectivity dan Smart Mobility. Perusahaan Toyota juga merupakan salah satu produsen otomotif yang berambisi untuk menghadirkan konsep smart mobility di masa yang akan datang.

Perlu diketahu bahwa China merupakan negara dengan penjualan otomotif terbanyak di dunia.

Sedangkan teknologi mobil otonom di China akan dilakukan oleh sejumlah pabrik otomotif global yaitu BMW dan Ford. Pastinya seluruh hal itu akan memacu perkembangan mobil pintar di masa depan.

Perusahaan pencarian terbesar China itu sendiri telah mengantongi izin menguji mobil otonom di Beijing pada Maret 2019. Artinya kerja sama ini bisa memuluskan langkah Baidu merajai mobil bergerak otomatis menyaingi Google di masa depan.

source: http://cnnindonesia.com

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.