Anak Belum Lancar Berbicara di Usia 2 Tahun Inilah 6 Solusinya

Mengatasi Anak Belum Lancar Berbicara

0 444

Anak belum lancar berbicara – Pertumbuhan dan perkembangan anak memanglah berbeda-beda. Namun biasanya para ibu sering membandingkan masalah tumbuh kembang anaknya dengan anak orang lain yang sebaya usianya. Saat anak sudah menginjak usia 2 tahun biasanya sudah ada yang dapat berbicara dengan sedikit jelas. Ada pula yang baru dapat mengatakan kata “papa” dan “mama” atau anak belum lancar berbicara.

Menurut IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia bahwa keterlambatan berbicara yang dialami oleh anak ada sekitar 5 – 8% kasus serupa. Jadi anda tak perlu khawatir, karena bukan hanya anda yang mengalaminya. Namun ada 6 Upaya yang dapat anda lakukan untuk melatih anak susah bicara. Simak ulasan di bawah ini.

Saat anak belum lancar berbicara amati perilaku kesehariannya

awasi anak susah bicara
https://a.grid.id

 

Anda harus memulainya dengan mengamati perilaku keseharian anak anda seperti apa. Lalu anda dapat mempraktekan beberapa cara di bawah ini.

1.    Saat anak anda dipanggil namanya, apakah iya menoleh?
2.    Saat anda memberika instruksi seperti memintanya untuk mengambil suatu barang, apakah dia mengerti?
3.    Perhatikan kontak matanya saat berbicara dengan anda
4.    Walaupun dengan bahasa yang terbatas, apakah anak anda dapat menyampaikan keinginannya? Seperti menunjuk sesuatu atau bergumam?

Sering berkomunikasi dengan anak anda

komunikasi anak susah bicara
https://a.grid.id

 

Setelah anda mengamati keseharaian anak anda, anda dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu sering mengajaknya berkomunikasi. Ajak anak anda berbicara dan bermain bersama yang dapat memancingnya untuk berbicara. Misalnya saat anda sedang menonton tv bersama, anda dapat mengajaknya bicara seperti “lihat, kakak jatuh” atau “kucingnya lapar minta makan”. Percakapan yang sesuai dengan yang anda lihat saja. Nanti ia akan merekam semuanya.

Beberapa cara saat berkomunikasi dengan anak anda:

1.    Berbicara dengan menggunakan bahasa yang benar. Seperti kata “makan” ya sebut saja dengan kata “makan”, tak perlu diubah menjadi “mamam”.
2.    Saat berkomunikasi dengannya, tatap kedua matanya dan lakukan sentuhan fisik. Agar ia merasa bahwa anda fokus berkomunikasi dengannya.
3.    Bicara secara perlahan dan jangan terlalu panjang.
4.    Ucapkan nama benda dengan di eja seperti “ini bo-ne-ka”.
5.    Ketika anak anada bergumam kepada anda seperti “mmhh” sambil menunjuk kearah tv. Anda dapat mengajaknya bicara “sayang kamu mau apa?”. Kemudian anda bicara lagi “oh ini namanya tivi”. “apa sayang? ti-vi”.

Saat anak belum lancar berbicara ajaklah bernyanyi

ajak bernyanyi anak susah bicara
https://detik-net.id

 

Anak di usia 2 tahun sangat senang bernyanyi dan menari. Ajak ia bernyanyi bersama agar melatihnya untuk mengucapkan lirik yang ada dalam lirik lagu tersebut. Saat pertama kali ia mendengarkan lagu baru, ia hanya akan menyimak saja.

Namun untuk pemutaran lagu yang ke-dua dan seterusnya maka ia akan ikut bernyanyi. Walaupun biasanya hanya bagian terakhir kalimat yang akan ia uapkan. Kemudian anda dapat mengajak anak anda bernyanyi sambil tepuk tangan atau menari dengan gerakan ringan.

“Baca Juga :

7 Cara Melatih Anak Agar Mandiri Dan Berani

6 Cara Memperkenalkan Ragam Profesi Anak

5 Manfaat Playdate yang Tak Hanya Mengikuti Tren

 

Ajak anak anda membaca buku bersama

anak belum bisa ngomong
https://detik-net.id

 

Pada umumnya anak di usia 2 tahun akan senang dengan buku. Inilah saat yang tepat bagi anda untuk mengajaknya membaca buku bersama. Apalagi jika buku tersebut memiliki gambar full colour yang menarik yang disertakan dengan kalimat pendek. Maka ia akan mengikuti secara perlahan apa yang anda bacakan.

Dengan membaca buku, anda juga dapat melatih motorik anak anda. Biarkan saja saat ia membolak-balikan halaman buku. Anda juga tak perlu fokus untuk membacakan apayang ada di dalam cerita buku tersebut. Dengan melihat gambarnya, anda dapat mengenalkan warna pada anak, nama-nama hewan dan sebagainya.

Ajak anak anda bermain dengan teman sebayanya

solusi anak belum lancar bicara
https://republika.co.id

 

Jika anak anda selalu bermain sendiri di rumah. Maka ia akan kurang dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan teman sebayanya. Hal tersebut bisa saja membuat anak susah bicara. Karena ia menganggap bahwa orang yang ada di rumah pasti tau apa yang ia butuhkan tanpa harus mengatakan apa-apa.

Lain halnya saat ia bertemu dengan teman sebayanya. Saat mereka sudah bermain bersama, biasanya ia akan mengungkapkan apa yang ia inginkan kepada temannya itu. Ajak anak anda untuk mengajaknya ke taman bermain terdekat, playdate atau playground. Saat di sana, biarkan mereka bermain, anda hanya perlu memantaunya dari jauh.

Bersabar dalam melatih anak yang belum lancar bicara

anak belum lancar ngomong

https://img.webmd.com

 

Bersabar merupakan kunci utama dalam mengupayakan hal ini. Namanya juga berlatih, maka anda jangan terburu-buru saat berbicara dengannya. Atau mengucapkan kalimat sebelumnya dan anak anda lupa.Itu semua hal yang wajar terjadi. Nikmati setiap waktu saat anda dan anak anda berkomunikasi.

Saat anak anda belum berbicara dengan jelas, anda tak perlu merasa kecewa kepadanya. Karena semua butuh waktu untuk melewati suatu fase pertumbuhan dan perkembangan di tiap tahunnya. Yang penting anda sudah mencoba dengan segala cara dan sepenuh hati. Jika hasilnya tidak memuaskan tak usah marah kepada anak atau pun merasa minder dengan anak orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.