5 LANGKAH SAAT KEPERGOK ANAK KETIKA SEDANG BERCINTA

0 71

Saat anda belum memiliki anak, mungkin anda dapat dengan bebasnya bercinta dengan pasangan anda kapanpun dan dimanapun di dalam rumah anda. Namun, saat anda sudah memiliki si kecil, maka intensitasnya akan berbeda karena harus menunggu si kecil tertidur pulas. Meskipun begitu, ada kalanya anda sudah memastikan si kecil sudah pulas, tiba-tiba ia terbangun. Nah inilah 5 langkah yang harus anda lakukan saat kepergok anak ketika sedang bercinta.

 

  1. Anda tidak perlu panik

www.todaysparent.com

Anda tak perlu panik, karena yang harus anda lakukan adalah segera menutupi bagian intim anda dan pasangan anda dari pandangan si kecil. Kemudian senyumlah pada anak anda seolah tidak terjadi hal yang aneh, lalu lihatlah apa reaksi si kecil.

Jika si kecil ketakutan dan kemudian berlari ke kamarnya, biarkanlah si kecil untuk lari ke kamarnya dan anda langsung segera mengenakan pakaian. Namun, jika si kecil malah menghampiri anda dan pasangan, artinya itu bukanlah hal yang aneh untuknya.

Jika si kecil bertanya kepada anda mengenai hal-hal yang ia lihat tersebut, anda harus coba untuk mengalihkan jawaban lain seperti ayah dan ibu baru selesai mandi. Setelah itu, anda bisa memintanya untuk keluar dulu dengan alasan anda ingin memakai baju usai mandi.

  1. Hampiri anak ke kamarnya

s-i.huffpost.com

Saat reaksi si kecil setelah melihat kejadian tersebut langsung berlari ke kamarnya, maka anda harus menghampirinya setelah anda mengenakan pakaian. Tenangkanlah si kecil dan tanyakan kepadanya apa yang membuatnya ketakutan. Karena bisa saja hal yang ia takuti itu karena anda akan memarahinya. Namun jika si kecil benar-benar ketakutan karena hal yang ia lihat, anda bisa memberikan penjelasan bahwa itu bukanlah sebuah masalah besar dan tak perlu dipikirkan. Kemudian ajaklah si kecil keesokan harinya untuk pergi sehingga ia sedikit melupakan kejadian tersebut.

  1. Tanyakan apa yang dilihat olehnya

media.phunutoday.vn

Anda juga bisa menanyakan kepada si kecil tentang apa yang ia lihat tadi. Pastikan bahwa si kecil menjawab dengan jujur dan tidak merasa seperti sedang di bawah tekanan anda. Saat si kecil sedang menjelaskan apa yang ia lihat, anda jadi bisa menelaah lebih dalam lagi untuk memberikan penjelasan terbaik.

“Ketika seorang anak melihat kedua orangtuanya sedang bercinta, maka segeralah hampiri anak anda ke kamar dan katakan bahwa anda minta maaf karena telah membuatnya ketakutan. Semuanya baik-baik saja. Berhenti berbicara sampai disitu saat anak anda tidak bertanya lebih lanjut,” Terang Amy Lang, Sexual Health Educator,  dilansir dari tiltparenting.com.

  1. Jelaskan pada si kecil seperlunya

image1.masterfile.com

Ketika si kecil sudah menjelaskan apa yang ia lihat pada anda, anda harus mendengarkan terlebih dahulu apa penjelasannya. Jika adegan yang si kecil lihat dapat anda alihkan ke jawaban lainnya, maka anda tidak perlu memberitahu kejadian yang sebenarnya. Namun bila si kecil melihat semua adegannya dengan detail dan jelas, mungkin saat itu anda harus menjelaskan kepadanya tentang sex education.

“Ketika anak anda tidak bertanya-tanya dan cukup puas dengan penjelasan anda, maka tak perlu ada sex education saat itu juga. Temani saja si kecil hingga ia terlelap kembali,” ungkap Amy.

  1. Berikan sex education bila diperlukan

www.kiddypalace.com.sg

Jika anda rasa si kecil sudah waktunya diberi penjelasan mengenai sex education, maka jelaskan padanya mengenai hal-hal yang ringan saja dan juga mudah ia pahami. Anda dapat mengatakan kepadanya jika hal tersebut normal dilakukan oleh pasangan suami istri sebagai ungkapan rasa cinta.

Anda juga harus menanamkan di dalam pikirannya, bahwa hal tersebut bersifat sacral dan hanya boleh dilakukan saat ia sudah menikah nantinya. Walaupun nanti ia sudah dewasa tetap tidak boleh melakukannya hingga ia menikah.

Itulah 5 langkah yang harus anda lakukan saat kepergok anak ketika sedang bercinta. Anda harus lebih berhati-hati lagi ya saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, karena takut anak anda mengalami trauma sesaat yang berpengaruh pada karakternya jika ia masih terngiang-ngiang dan merasa ketakutan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.