5 Akibat Memberi Makan Anak Dengan Cara Dipaksa

0 24

Memberi makan anak dengan cara dipaksa ternyata memiliki berbagai efek buruk. Memang terkadang bagi anak-anak makan dianggap sebagai rutinitas yang membosankan atau menakutkan. Apalagi jika hal tersebut dilakukan dengan paksaan.

Maksud hati ingin membuat anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Namun hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi kepribadian dan ingatan jangka panjang pada anak.

Inilah 5 akibat jika memberi makan anak anda dengan cara dipaksa

Anak bisa muntah

anak tidak mau makan
https://www.scarymommy.com

Saat sendok masuk ke dalam mulutnya dengan cara dipaksa, otaknya secara otomatis bereksi akan hal tersebut. Akhirnya membuat anak anda mendorong makanan yang ada di dalam mulutnya sehingga  menjadi muntah.

Selain muntah yang disebabkan karena sendok, anak anda juga bisa muntah karena menangis. Karena sudah tentu anak akan menangis saat dipaksa untuk makan terutama makanan yang tidak ia sukai. Apalagi jika ia menangis secara terus menerus, awalnya ia hanya batuk-batuk kemudian akan muntah.  Sudah belum ada makanan yang masuk, tetapi ia sudah muntah, ini akan mmbuat anda tambah kebingungan.

Anak merasa trauma

anak tidak mau makan
https://www.thepragmaticparent.com

Pasti anda merasa gregetan bahkan membentak anak anda saat ia tidak mau membuka mulutnya saat waktu makan tiba. Terlebih lagi anak anda belum makan apa-apa sama sekali. Akhirnya secara terpaksa anda akan memaksanya untuk tetap memakan makanan yang telah anda sediakan untuknya.

Anda pasti berpikir tidak apa-apa ia menangis, yang penting perutnya terisi. Proses pemaksaan yang anda lakukan terhadapnya akan ia rekam dan simpan dalam ingatannya. Akibatnya anak anda bisa mengalami trauma. Bukan hanya trauma tentang proses makannya saja, tapi ia juga akan merasa trauma dengan makanan tertentu. Terutama pada makanan yang dipaksakan untuknya waktu itu.

Makin tidak suka makan

https://familydoctor.org/wp-content/uploads/1994/06/40210443_l-705×470.jpg

Memberi makan anak dengan cara diaksa juga dapat membuat ia jadi semakin tidak suka makan. Mereka telah memiliki mindset bahwa makan adalah paksaan sehingga ia tidak suka makan. Semakin anda paksa anak anda untuk makan, semakin ia menolak makanan anda.

Memaksa makan anak bisa buat ia jadi keras kepala

https://www.nayasadak.co

Anda pasti akan merasa kesal saat anak anda tidak mau makan. Padahal anda sudah melakukan seribu cara untuk membujuknya namun tetap tdak berhasil. Akhirnya anda menggunakan cara terakhir yaitu mencekoki atau memaksanya dengan cara membentak.

Ternyata hal ini dapat membuat anak anda menjadi keras kepala. Karena anak anda sudah merasa terbiasa dipaksa untuk melakukan suatu hal yang tidak ia sukai. Selain itu anak anda juga bisa memiliki kepribadian yang mudah depresi dan sensitif.

Mudah berbohong

http://www.canadianinquirer.net

Memberi makan anak dengan cara dipaksa juga dapat membuat anak anda menjadi mudah berbohong. Saat anda bertanya kepadanya apakah sudah makan atau belum, ia akan menjawab sudah. Karena dengan cara itu mereka pikir bisa terbebas dari paksaan untuk makan. Saat anda tinggalkan ia makan sendiri, bisa jadi ia membuang makanannya dan mengatakan bahwa makanan tersebut telah habis dimakan.

Sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan agar mereka mau makan. Anda bisa tawarkan dengan cara apapun, tetapi jangan dengan cara dipaksa dan dibentak. Agar anak anda tidak merasa waktu makan sebagai waktu terburuk dalam harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.