11 Tanda Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

Tanda Kehamilan

0 27

Tanda-tanda kehamilan adalah saat yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan yang baru menikah. Dengan adanya tanda-tanda kehamilan, pastinya setiap pasangan akan berbahagia karena sebentar lagi akan ada sang buah hati yang hadir dalam keluarga kecilnya.

Bagi anda yang belum pernah hamil, pastinya belum mengetahui betul bagaimana tanda kehamilan yang sedang dialami, karena pada umumnya tanda kehamilan itu sama dengan tanda-tanda ketika anda akan menstruasi dan sakit seperti masuk angin atau tidak enak badan.

Ketidaktahuan akan hal ini dapat menyebabkan terjadinya keguguran karena para wanita biasanya masih melakukan aktivitas dan mengkonsumsi makanan yang tidak aman bagi ibu hamil. Oleh karena itu, anda harus mengetahui tanda-tandanya sejak dini. Berikut ini ulasan mengenai tanda kehamilan yang harus anda ketahui.

  1. Tidak Menstruasi

Tanda awal yang paling mudah diketahui adalah tidak menstruasi. Karena pada umumnya untuk wanita normal, menstruasi harusnya datang setiap sebulan sekali. Namun jika anda tidak menstruasi selama 1 bulan – 2 bulan, anda harus periksakan kedokter atau anda juga bisa membeli testpack terlebih dahulu. Jika anda menggunakan testpack, disarankan untuk melakukannya setelah bangun tidur pada pagi hari dan gunakan air seni yang pertama untuk hasil yang maksimal.

  1. Terjadi perubahan pada payudara

Jika terjadi kehamilan, maka payudara anda akan membesar karena meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain itu, payudara anda juga akan terasa semakin lembut yang dapat menimbulkan sensitifitas sehingga payudara akan terasa sakit dan nyeri saat tersentuh, puting susu akan membesar serta wananya menjadi lebih gelap dan kadang terasa gatal.

Pembuluh vena juga akan terlihat pada payudara anda akibat penegangan yang terjadi pada payudara. setelah itu, terjadi aktivitas hormon hpl (human placental lactogen) yang terjadi pada saat kehamilan karena hormon tersebut diproduksi oleh tubuh untuk mempersiapkan ASI.

  1. Muncul Flek

Flek atau bercak darah ini muncul akibat implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim, namun jika anda belum pernah mengalami kehamilan, flek atau bercak darah ini biasanya di anggap sebagai darah menstruasi. Flek atau bercak darah ini biasanya muncul antara 8 – 10 hari setelah proses ovulasi terjadi.

  1. Perut Keram

Biasanya ketika flek atau bercak darah ini muncul, maka akan diikuti rasa keram pada perut anda. Namun, keram perut yang tejadi pada orang hamil biasanya akan terjadi secara teratur dan akan terus berlanjut sampai kehamilan trisemester kedua ketika posisi uterus berada di tengah dan disangga oleh panggul.

  1. Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Morning sickness biasanya muncul pada pagi hari, namun terkadang ada juga yang mengalami mual dan muntah pada siang, sore dan malam hari. Biasanya hal ini terjadi ketika anda mencium aroma tertentun yang menyengat.

Memang tidak semua orang hamil mengalami morning sickness, tapi sebagian besar wanita yang sedang hamil akan merasakan gejala mual dan muntah. Hal ini disebabkan dengan meningkatnya hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba dalam aliran darah dan saluran air kencing.

Sehingga untuk mengecek kehamilan biasanya menggunakan air seni untuk mengukur peningkatan kadar hormon HCG menggunakan testpack. Biasanya peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek perih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual.

Namun anda tidak perlu khawatir, biasanya rasa mual ini akan hilang saat memasuki kehamilan trisemester kedua. Jika rasa mual dan muntah masih tetap terjadi pada trisemester kedua, sebaiknya anda harus memeriksakan dan konsultasi ke dokter kandungan karena dikhawatirkan akan mengganggu kehamilan.

  1. Sering Buang Air Kecil

Anda akan sering buang air kecil terlebih hal itu terjadi setelah anda terlambat menstruasi. Hal ini disebabkan oleh janin yang tumbuh di trahim menekan kandung kemih dan juga akibat adanya peningkatan sirkulasi dalam darah. Sehingga membuat kandung kemih dipenuhi oleh urine yang mengakibatkan seringnya buang air kecil.

Walaupun anda akan terus-terusan ingin buang air kecil, jangan sampai anda menahan atau membatasinya, segerakan saja pergi ke kamar kecil. Anda harus terus meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh anda untuk menghindari dehidrasi.

  1. Pusing dan Sakit Kepala

Rasa pusing dan sakit kepala ini biasanya terjadi karena faktor fisik anda. Biasanya hal ini terjadi akibat rasa lelah, mual, lapar, tekanan darah rendah dan emosional karena perasaan tegang atau depresi. Meningkatnya pasokan darah ke seluruh tubuh juga dapat menyebabkan pusing saat anda berubah posisi.

  1. Rasa Lelah dan Ngantuk yang Berlebihan (fatigue)

Tanda kehamilan yang harus anda ketahui selanjutnya adalah rasa lelah dan ngantuk yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan kerja beberapa organ vital (ginjal, jantung dan paru-paru) bertambah, karena organ-organ tersebut harus bekerja 2x lebih ekstra untuk anda serta pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Sembelit

Sembelit juga termasuk ke dalam tanda kehamilan, karena sembelit disebabkan oleh meningkatnya hormon progesterone. Hormon ini dapat mengendurkan otot-otot rahim yang mengakibatkan mengendurnya otot pada dinding usus dan membuat anda sembelit atau sulit buang air besar.

  1. Sering Meludah (hipersalivasi)

Hal ini biasanya terjadi pada kehamilan trisemester pertama dan terjadi akibat perubahan hormon esterogen dan akan menghilang setelah kehamilan anda memasuki trisemester kedua.

  1. Meningkatnya Temperatur Basal Pada Tubuh

Saat anda mengalami kehamilan atau ovulasi, maka temperatur suhu basal dalam tubuh akan meningkat. Hal ini terjadi selama kehamilan terjadi.

Selamat ya, jika anda mengalami tanda-tanda seperti di atas. Karena ada kemungkinan besar jika anda saat ini sedang mengalami kehamilan. Namun, untuk hasil yang lebih akurat, anda bisa segera memeriksakannya ke dokter kandungan dan melakukan proses cek darah di laboratorium rumah sakit atau melakukan USG.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.